Kegiatan sosial yang unik di Indonesia

Pada dasarnya, Kegiatan Sosial merupakan suatu bentuk perhatian individu atau kelompok dengan melakukan kegiatan yang berdampak langsung terhadap kelompok atau individu lainnya. Ada banyak macam kegiatan sosial yang unik di indonesia yang sering dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan sosial ini ada lantaran sifat asli orang Indonesia sebagai individu yang mudah bersosialisasi dan cenderung membentuk kelompok dalam lingkungannya. Akibatnya, mereka terus-menerus berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan berbagai tujuan yang dikehendaki.

Kegiatan sosial ini tidak hanya dilakukan di lingkungan sekitar melainkan dapat diaplikasikan pada lingkungan manapun sesuai dengan misi yang ingin dicapai.

Di bawah ini merupakan 5 Kegiatan Sosial unik yang ada di Indonesia yang telah editor rangkum dan perlu kamu simak ya!

1. Kerja Bakti

Kerja bakti merupakan kegiatan sosial yang unik di indonesia yang sering dilakukan saat hari minggu. source: humas surabaya

Kerja bakti merupakan kegiatan sosial yang cenderung dilakukan bersama-sama. Di Indonesia, kelompok individu yang memiliki tujuan tertentu dapat melakukan kegiatan sosial yang dilaksanakan secara gotong royong dikenal dengan kerja bakti.

Kerja bakti ini unik karena di negara eropa kegiatan semacam ini jarang ditemui pada masyarakat lingkungan perumahan. Biasanya bentuk kerja bakti berupa upaya dalam membangun infrastruktur, menghilangkan gulma, membersihkan sistem pembuangan kotoran atau sekadar membersihkan lingkungan sekitar.

Sanitasi komunitas ini tidak hanya membantu tetangga yang terhubung satu sama lain, tetapi juga memperbaiki lingkungan. Lebih jauh lagi, hal itu adalah bagian dari kehidupan sosial Indonesia karena memungkinkan orang untuk lebih mengenal satu sama lain.Baca Juga: Macam-macam Permainan Tradisional yang Ngangenin dan Mengasah Kreativitas

Baca Juga : Macam-macam Permainan Tradisional yang Ngangenin dan Mengasah Kreativitas

2. Siskamling

Kegiatan sosial yang unik di Indonesia
Siskamling merupakan kegiatan sosial masyarakat yang sering kita jumpai setiap hari pada jam malam. source: banten hits

Siskamling adalah salah satu jenis kegiatan sosial yang sangat unik yang berada pada lingkungan yang lebih kecil yaitu RT (Rukun Tetangga). Kegiatan sosial ini akan diikuti oleh beberapa warga di kawasan tersebut secara bergantian yang cenderung dilakukan oleh pria. 

Siskamling merupakan kependekan dari Sistem Keamanan Lingkungan sehingga memiliki posisi penjagaan terstruktur dengan cara berkumpul di malam hari mengawasi aktivitas mencurigakan di area tersebut. Para pria inilah yang melakukan keliling terhadap rumah-rumah, memantau portal area, mengatur dan membatasi jalur masuk area.

Sehingga kawasan tersebut aman terbebas dari pencurian dan pengrusakan lingkungan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kontribusi wanita yaitu menyediakan konsumsi bagi yang bertugas. Siskamling di negara lain terutama eropa biasanya digantikan oleh fungsi satpam atau polisi malam.

3. Jenguk

Jengung orang sakit. source: etanstadion

Mengunjungi orang sakit juga merupakan praktik sosial unik yang ada di Indonesia. Kegiatan sosial ini menunjukkan kecenderungan untuk peduli ketika ada orang lain yang sakit.

Tidak hanya datang untuk berkunjung, biasanya jenguk ini diikuti oleh beberapa kegiatan simpatik lainnya seperti melakukan doa bersama demi kesembuhan pasien, menanyakan keadaan dan kesulitan yang mungkin bisa dibantu, memberikan uang, bunga atau buah-buahan, bahkan membantu membawakan pulang pakaian kotor ke rumah.

Pada umumnya, jenguk di Indonesia melibatkan komunitas yang berada pada lingkungan tempat tinggal.

4. Melayat

Melayat dirumah bupati. source: infopublik id

Melayat merupakan kegiatan sosial dimana apabila seseorang di lingkungan tersebut meninggal, para tetangga bergegas untuk memberikan penghormatan. Beberapa diantaranya mengumpulkan dana sumbangan sebagai bentuk bela sungkawa dan beberapa lagi dibelikan makanan sebagai suguhan pengajian.

Kegiatan sosial ini melibatkan prosesi pembacaan doa, pengantaran jenazah ke tempat terakhir dan penyampaian belasungkawa terhadap keluarga yang ditinggalkan. Beberapa warga akan turut membantu keluarga dengan pengaturan pemakaman seperti penyewaan mobil jenazah dan tenda bagi tamu yang berdatangan.

5. Galang Dana

Galang dana masyarakat. source: PWM Jateng

Penggalangan dana adalah proses pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang atau sumber daya lain dengan meminta sumbangan dari individu, perusahaan, yayasan, atau lembaga pemerintah.

Tujuan penggalangan dana bermacam-macam, antara lain untuk memperoleh dana operasi organisasi nirlaba (seperti Wikimedia), untuk membiayai kampanye politik, dan bahkan untuk memodali perusahaan.

Kegiatan penggalangan dana dapat dilakukan melalui acara penggalangan dana (fundraiser) seperti makan malam formal, atau melalui berbagai kegiatan lain seperti penerbitan buku dan kampanye daring.

Itulah 5 kegiatan sosial yang unik di indonesia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *